Google Maps Panduan Perjalanan Mudik

Google Maps Panduan Perjalanan Mudik Anda

Google Maps Panduan Perjalanan  – Lebaran sebentar lagi tiba. Hari yang ditunggu-tunggu oleh semua Umat Muslim, terutama mereka yang akan bersilaturrahmi di kampung halaman atau tempat keluarga besar berasal. Mudik lebaran yang sudah jadi tradisi di tanah air, merupakan perjalanan yang seharusnya menyenangkan dan nyaman.

Oleh karenanya, selain persiapan fisik dan kendaraan, perlu suatu perencanaan agar tidak bingung dalam menentukan rute atau jalan yang dilewati. Sementara untuk pemenuhan kebutuhan selama perjalanan seperti SPBU yang ada pengisian angin untuk ban, Rest Area, dan lain-lain juga sudah mesti ditentukan sejak awal. Namun para pemudik tidak perlu kuatir lagi karena ada fasilitas Google Maps yang sangat membantu menemukan rute, informasi, dan semua tempat pemenuhan kebutuhan di perjalanan.

Di bawah ini ada beberapa tips perencanaan liburan yang praktis dan efektis dengan Google Maps :

Tentukan rute yang paling nyaman ke tempat tujuan

Lama perjalanan saat mudik sangat menguras energi dan konsentrasi pengendara. Senyaman-nyamannya berada dalam kabin yang berAC dan terhindar dari suara bising jalanan, tetapi jika tersendat atau kebingungan saat memilih rute, lokasi SPBU, dan rest area, tetap saja berdampak negatif. Perlu perencanaan sehingga lebih efektif dan efisien, yang dimulai dengan menentukan rute ternyaman berdasarkan referensi yang telah dikektahui. Sesudah itu, carilah rute alternatif yang dapat digunakan jika jalanan macet karena padatnya arus kendaraan atau juga kecelakaan.

Pemudik pun perlu mempertimbangkan untuk menambah persediaan bahan bakar sehingga resiko mogok dapat diminimalisir. Caranya, mengukur dan memperkirakan jarak yang akan ditempuh dengan berapa banyak bahan bakar yang akan dibutuhkan. Informasi jarak dan tempat pengisian bahan bakar atau SPBU dapat ditemukan dengan mudah melalui Google Maps. Keuntungan lain dalam mengunakan Google Maps adalah pemudik dapat juga memberikan informasi kepada anggota keluarga. Contohnya, ketik alamat rumah, misalnya Cibubur, kemudian pilih tujuan, misalnya Kuningan, maka Google Maps akan menampilkan rute perjalanan dan jarak tempuhnya. Rute alternative pun dapat dilihat hanya dengan klik dan menarik ke bawah atau atas, lintasan jalan yang telah dipilih, sehingga rute alternatif langsung tampak. Simpanlah hasilnya lalu sebarkan informasi ke keluarga.

Cari informasi tentang tempat atau lokasi untuk kebutuhan selama perjalanan dengan Google Maps

Untuk mendukung kenyamanan perjalanan, pemudik perlu tempat beristirahat untuk memulihkan energi dan konsenrasi. Gunakan Google Maps dalam pencarian informasi tempat istrahat atau Rest Area yang dapat dikunjungi. Pemudik juga bisa mencari tempat penginapan terdekat sepanjang rute mudik, restoran, dan SPBU. Bengkel-bengkel khusus dari produsen-produsen otomotif di Indonesia biasanya juga menyediakan Area Service bagi kendaraan para pemudik, jadi manfaatkanlah. Contohnya, Klik kanan pada rute perjalanan yang telah dipilih di Google Maps, lalu klik whats here, kemudian ketik tempat yang ingin diketahui, misalnya SPBU, maka di layar akan tampak SPBU yang ada di sepanjang rute perjalanan, lengkap dengan nama SPBU beserta alamatnya. Hal yang sama juga dapat diaplikasikan ketika mencari restoran, mini market, dan penginapan untuk memenuhi kebutuhan pemudik sekeluarga.

Catat semua hasil pencarian di My Places

Google Maps juga menyediakan fasilitas penyimpanan hasil pencarian yang telah dilakukan. Anda dapat menyimpan lokasi dan tempat, mulai dari Penginapan, Rest Area, SPBU, sampai dengan Restoran ke dalam fitur My Places. Data yang tersimpan dapat dijadikan acuan, kenangan lebaran, dan juga menjadi informasi penting yang dapat dibagi-bagikan ke keluarga atau teman-teman sebagai bahan referensi mudik. Silahkan menikmati perjalanan mudik Anda bersama Google Maps, hati-hati dalam perjalanan, dan selamat sampai di tempat tujuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *